Senin, 20 Juni 2011

TUGAS FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN

Filsafat
1.       Mengapa ilmu itu never ending process?
2.       Kebenaran dalam ilmu pengetahuan itu tidak tunggal, sehingga bisa terjadi benar menurut teori Y atau belum tentu benar menurut teori X, mengapa hal demikian bisa terjadi dan kebenaran seperti apa yang paling baik menurut anda? Disertai dengan contoh!
3.       Filsafat ilmu pengetahuan merupakan cabang dari filsafat pengetahuan. Ia kadang disebut theory of science, science of science mengapa demikian? Jelaskan berdasarkan istilah tersebut dan apa yang menjadi kajian utama atau ruang lingkup kajian dari disiplin ilmu itu dan apa manfaat filsafat dalam kehidupan ada sebagai seorang filsafat?
Jawab :
1.       Karena ilmu itu luas dan tidak ada kata berhenti untuk mencari ilmu. Semakin orang itu menemukan ilmu tersebut semakin merasa kurang untuk mendapatkan ilmu yang belum diketahuinya. Dan ilmu itu seumur hidup dan meliputi seluruh aspeknya  tidak akan habis
2.        
3.       Filsafat ilmu pengetahuan merupakan salah satu cabang dari filsafat pengetahuan, karena ilmu pengetahuan menjadi unsur pembangunan dan pengembangan dari sebuah filsafat pengetahuan.
Filsafat ilmu pengetahuan (theory of science, science of science) mempunyai persepsi tentang bagaimana objek atau kajian itu, juga percaya bahwa tentang percaya pada sesuatu sebaimana percayanya itu. Objek kajian dalam ilmu pengetahuan merupakan bentuk aktifitas manusia yang dengan melakukannya mereka memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang lebih lengkap dan cermat tentang alam di masa lampau, sekarang, akan datang serta kemampuan yang meningkat untuk menyesuaiakan dirinya pada mengubah lingkugannya serta mengubah sifat-sifatnya sendiri.
theory of science (teori ilmu) merupakan teori yang dipakai untuk acuan dalam ilmu pengetahuan, sedangkan
science of science (ilmu dari ilmu)merupakan ilmu yang menjadi sumber ilmu pengetahuan

0 komentar: