SILABUS
Madrasah : MTs Bandar Alim Jungpasir
Mata Pelajaran : SKI
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah kebudayaan Islam
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1.Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam | · Menyebutkan pengertian kebudayaan Islam · Menunjukan contoh kebudayaan Islam | Sejarah kebudayaan Islam | · Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah | Tes lisan | 2 X 40’ 2 X 40’ | 1. Buku SKI Depag 2. SKI Toha Putra 3. SKI Tiga Serangkai 4. Sejarah Hidup Muhammad SAW 5.Ensiklopedi Islam |
1.2.Menjelaskan tujuan dan man-faat mempelajari sejarah kebuda-yaan Islam | · Menyebutkan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam · Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam | Tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam | · Tanya jawab tentang tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam | Tes lisan Tes lisan | ||
1.3.Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam | · Menyebutkan contoh bentuk/wujud kebudayaan Islam · Membandingkan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam | Bentuk/wujud kebudayaan Islam | · Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam · Berdiskusi tentang bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam | Tes tulis Penugasan | 4 X 40’ | 1.Buku SKI Depag 2.SKI Toha Putra 3.SKI Tiga Serangkai 4.Sejarah Hidup Muhammad SAW 5.Ensiklopedi Islam |
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1.Mendeskripsikan misi Nabi Muham-mad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat | Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah | · Membuat peta konsep tentang misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin · Learning start with question tentang cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah · Tanya jawab tentang keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah | · Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin · Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah · Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah | Penugasan Tes lisan Tes lisan | 4 X 40’ | 1. Buku SKI Depag 2. SKI Toha Putra 3. SKI Tiga Serangkai 4. Sejarah Hidup Muhammad SAW 5. Ensiklopedi Islam |
2.2.Mengambil hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pem-bawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masya-rakat di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang | Hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin | · Tanya jawab tentang hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin · Learning start with question tentang misi Nabi Muhammad SAW di Mekkah · Berdiskusi tentang kemajuan masyarakat Islam di Mekkah di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang | · Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin · Menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari misi Nabi Muhammad SAW di Mekkah · Menjelaskan keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad saw dengan perkembangan dakwah sekarang | Tes lisan Tes lisan Penugasan | 2 X 40’ | 1. Buku SKI Depag 2. SKI Toha Putra 3. SKI Tiga Serangkai 4. Sejarah Hidup Muhammad SAW 5. Ensiklopedi Islam |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.3.Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah | Kisah perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah | o Menyusun cerita singkat dari perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah o Menyusun cerita singkat dari perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah o Berdiskusi tentang keterkaitan perjuangan Nabi dengan para sahabatnya | · Menjelaskan keladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah · Menjelaskan keladanan dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah · Menjelaskan keterkaitan perjuangan Nabi dengan para sahabatnya | Penugasan Penugasan Penugasan | 6 X 40’ | 1.Buku SKI Depag 2.SKI Toha Putra 3.SKI Tiga Serangkai 4.Sejarah Hidup Muhammad SAW 5.Ensiklopedi Islam |
Standar Kompetensi : 3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1.Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan | Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah | · Mencermati cerita sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah · Membuat peta konsep tentang dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah · Berdiskusi tentang keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah | · Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah · Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah · Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah | Tes lisan Penugasan Penugasan | 4 X 40’ | 1 Buku SKI Depag 2 SKI Toha Putra 3 SKI Tiga Serangkai 4 Sejarah Hidup Muhammad SAW 5.Ensiklopedi Islam |
3.2. Mengambil hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang | Hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat | · Berdiskusi tentang hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah · Mencari keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang di majalah, koran, tv, internet, dll. | · Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah · Menjelaskan keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang | Penugasan Tes tulis | 4 X 40’ | 1.Buku SKI Depag 2.SKI Toha Putra 3.SKI Tiga Serangkai 4.Sejarah Hidup Muhammad SAW 5.Ensiklopedi Islam |
3.3.Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah | Kisah teladan dari perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah | · Mengidentifikasi keteladanan dari perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah | · Menjelaskan semangat perjuangan Nabi di Madinah · Menjelaskan semangat perjuangan para Sahabat di Madinah · Menunjukkan semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah | Tes tulis Tes tulis Penugasan | 4 X 40’ |
Jungpasir, ..............................
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MTs Bandar Alim Jungpasir
Muhammad Habib Munawar, S.Pd. __________________
NIP. --- NIP.
SILABUS
Madrasah : MTs Bandar Alim Jungpasir
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester : VII/ II
Standar Kompetensi : 4. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1.Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin | · Menjelaskan berbagai prestasi yang dicapai Khulafaurrasyidin · Mengklasifikasi prestasi Khulafaurrasyidin · Menjelaskan prestasi Khulafaurrasyidin yang menonjol | Prestasi Khulafaurrasyidin | · Mencermati cerita presta-si Khulafaurrasyidin · Membuat peta konsep tentang prestasi Khulafaurrasyidin · Berdiskusi tentang pres-asi Khulafaurrasyidin yang menonjol | Tes tulis Penugasan Penugasan | 8 X 40’ | 1 Buku SKI Depag 2 SKI Toha Putra 3 SKI Tiga Serangkai 4 Sejarah Hidup Muhammad SAW 5.Ensiklopedi Islam |
4.2.Mengambil hikmah dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang | · Menjelaskan hikmah yang dapat diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin · Mengkaitkan prestasi Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang | Hikmah dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang | · Tanya jawab tentang hikmah yang dapat diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin · Berdiskusi tentang keterkaitan prestasi Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang | Tes lisan Penugasan | 2 X 40’ | 1.Buku SKI Depag 2.SKI Toha Putra 3.SKI Tiga Serangkai 4.Sejarah Hidup Muhammad SAW 5.Ensiklopedi Islam |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.3.Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin | Kisah kepemimpinan Khulafaurrasyidin | · Menyaksikan VCD Khalifah Umar bin Khattab · Membuat peta konsep gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin · Berdiskusi tentang gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin | · Menjelaskan gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin · Mengidentifikasi gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin · Mengklasifikasi gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin | Tes lisan Penugasan Penugasan | 4 X 40’ | 1.Buku SKI Depag 2.SKI Toha Putra 3.SKI Tiga Serangkai 4.Sejarah Hidup Muhammad SAW 5.Ensiklopedi Islam |
Standar Kompetensi : 5. Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umaiyah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penugasan | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
5.1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah | Sejarah berdirinya daulah Amawiyah | · Membuat pertanyaan seputar 5 W (who, when, where, what, why dan 1H (how) tentang sejarah berdirinya daulah Amawiyah | · Menjelaskan proses berdirinya daulah Amawiyah | Penugasan | 6 X 40’ 6 X 40’ | 1 Buku SKI Depag 2 SKI Toha Putra 3 SKI Tiga Serangkai 4 Sejarah Hidup Muhammad SAW 5.Ensiklopedi Islam |
5.2.Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah | Perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umaiyah | · Membuat peta konsep tentang prestasi pada masa Bani Umaiyah · Berdiskusi tentang berbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah | · Menjelaskan berbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah · Mengidentifikasi berbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah | Penugasan Penugasan |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Pelilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
5.3.Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah | Ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah | · Studi tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Umaiyah · Tanya jawab peran tokoh ilmuwan muslim · dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah | · Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Umaiyah · Menjelaskan peran tokoh ilmuwan muslim · dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah | Penugasan Tes tulis | 4 X 40’ | 1.Buku SKI Depag 2.SKI Toha Putra 3.SKI Tiga Serangkai 4.Sejarah Hidup Muhammad SAW 5.Ensiklopedi Islam |
5.4. Mengambil ibrah dari perkemba-ngan kebudaya-an/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang | Ibrah yang dapat diambil dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang | · Learning start with question tentang ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah · Berdiskusi tentang keterkaitan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah dengan perkembangan masa kini dan yang akan datang | · Menjelaskan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah · Menunjukkan keterkaitan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah dengan perkembangan masa kini dan yang akan datang | Tes lisan Penugasan | 2 X 40’ | 1.Buku SKI Depag 2.SKI Toha Putra 3.SKI Tiga Serangkai 4.Sejarah Hidup Muhammad SAW 5.Ensiklopedi Islam |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
5.5.Meneladani kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz | Kisah kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz | · 1-2)Membuat skenario drama tentang kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz · Mendemontrsikan kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz | · Menjelaskan kesederhanaan Umar bin Abdul Aziz ketika menjadi seorang khalifah · Menjelaskan keshalehan Umar bin Abdul Aziz dalam beribadah · Mengklasifikasi bentuk kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz | Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja | 4 X 40’ | 1. Buku SKI Depag 2. SKI Toha Putra 3. SKI Tiga Serangkai 4. Sejarah Hidup Muhammad SAW 5. Ensiklopedi Islam |
Jungpasir, ................................
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MTs Bandar Alim Jungpasir
Muhammad Habib Munawar, S.Pd. __________________
NIP. --- NIP.
0 komentar:
Posting Komentar