Senin, 18 Juli 2011

SILABUS SKI

SILABUS

Madrasah                      : MTs Bandar Alim Jungpasir
Mata Pelajaran               : SKI
Kelas / Semester            : VII / I

Standar Kompetensi     : 1. Memahami sejarah kebudayaan Islam


Kompetensi
Dasar
Indikator

Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

1.1.Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam


·        Menyebutkan pengertian kebudayaan Islam
·        Menunjukan contoh kebudayaan Islam

Sejarah kebudayaan Islam


·        Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah

Tes lisan




2 X 40’







2 X 40’


1. Buku SKI Depag
2. SKI Toha Putra
3. SKI Tiga Serangkai
4. Sejarah Hidup Muhammad
SAW
5.Ensiklopedi Islam



1.2.Menjelaskan tujuan dan man-faat mempelajari sejarah kebuda-yaan Islam


·        Menyebutkan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam

·        Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam

Tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam

·        Tanya jawab tentang tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam

Tes lisan



Tes lisan


1.3.Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam

     


·        Menyebutkan contoh bentuk/wujud kebudayaan Islam

·        Membandingkan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam



Bentuk/wujud kebudayaan Islam

·        Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam

·        Berdiskusi tentang bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam


Tes tulis


Penugasan

4 X 40’


1.Buku SKI Depag
2.SKI Toha Putra
3.SKI Tiga Serangkai
4.Sejarah Hidup Muhammad
SAW
5.Ensiklopedi Islam



Standar Kompetensi     : 2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

2.1.Mendeskripsikan misi Nabi Muham-mad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat


Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

·        Membuat peta konsep tentang misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

·        Learning start with question  tentang cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

·        Tanya jawab tentang  keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah


·        Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin


·        Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah


·        Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah


Penugasan



Tes lisan



Tes lisan

4 X 40’

1. Buku SKI Depag
2. SKI Toha Putra
3. SKI Tiga Serangkai
4. Sejarah Hidup Muhammad
SAW
5. Ensiklopedi Islam


2.2.Mengambil hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pem-bawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masya-rakat di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang


Hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin


·        Tanya jawab tentang  hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

·        Learning start with question  tentang misi Nabi Muhammad SAW di Mekkah

·        Berdiskusi tentang kemajuan masyarakat Islam di Mekkah di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang


·        Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

·        Menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari misi Nabi Muhammad SAW di Mekkah

·        Menjelaskan keterkaitan  misi dakwah Nabi Muhammad saw dengan perkembangan dakwah sekarang

Tes lisan



Tes lisan



Penugasan

2 X 40’

1.      Buku SKI Depag
2.      SKI Toha Putra
3.      SKI Tiga Serangkai
4.      Sejarah Hidup Muhammad
SAW
5.      Ensiklopedi Islam



Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

2.3.Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah     

  
Kisah perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah     

o   Menyusun cerita singkat  dari perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
o   Menyusun cerita singkat  dari perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
o   Berdiskusi tentang  keterkaitan perjuangan Nabi dengan para sahabatnya


·        Menjelaskan keladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah

·        Menjelaskan keladanan dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah


·        Menjelaskan keterkaitan perjuangan Nabi dengan para sahabatnya


Penugasan



Penugasan




Penugasan


6 X 40’

1.Buku SKI Depag
2.SKI Toha Putra
3.SKI Tiga Serangkai
4.Sejarah Hidup Muhammad
SAW
5.Ensiklopedi Islam

 

Standar Kompetensi     : 3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

3.1.Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan


Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah

·        Mencermati cerita sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·        Membuat peta konsep tentang dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·        Berdiskusi tentang keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah


·        Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·        Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah

·        Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah

Tes lisan



Penugasan




Penugasan

4 X 40’

1   Buku SKI Depag
2   SKI Toha Putra
3   SKI Tiga Serangkai
4   Sejarah Hidup Muhammad SAW
5.Ensiklopedi Islam

3.2. Mengambil hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang
Hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat
·        Berdiskusi tentang hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah
·        Mencari keterkaitan  misi dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang di majalah, koran, tv, internet, dll.

·        Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah
·        Menjelaskan keterkaitan  misi dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang
Penugasan





Tes tulis
4 X 40’

1.Buku SKI Depag
2.SKI Toha Putra
3.SKI Tiga Serangkai
4.Sejarah Hidup Muhammad
SAW
5.Ensiklopedi Islam



3.3.Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah

Kisah teladan dari perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah

·      Mengidentifikasi keteladanan dari perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah




·        Menjelaskan semangat perjuangan Nabi di Madinah
·        Menjelaskan semangat perjuangan para Sahabat di Madinah
·        Menunjukkan semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah


Tes tulis

Tes tulis


Penugasan

4 X 40’

Jungpasir, ..............................
Mengetahui                                                                                                                                                                                            Guru  Mata Pelajaran
Kepala MTs Bandar Alim Jungpasir




Muhammad Habib Munawar, S.Pd.                                                                                                                                                                                             __________________
NIP. ---                                                                                                                                                                                           NIP.



SILABUS

 

Madrasah                      : MTs Bandar Alim Jungpasir
Mata Pelajaran               : SKI
Kelas/Semester              : VII/ II

Standar Kompetensi     : 4. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin


Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

4.1.Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin



·        Menjelaskan berbagai prestasi yang dicapai Khulafaurrasyidin

·        Mengklasifikasi prestasi Khulafaurrasyidin

·        Menjelaskan prestasi Khulafaurrasyidin yang menonjol


Prestasi Khulafaurrasyidin


·        Mencermati cerita presta-si Khulafaurrasyidin

·        Membuat peta konsep tentang prestasi Khulafaurrasyidin

·        Berdiskusi tentang pres-asi Khulafaurrasyidin yang menonjol


Tes tulis


Penugasan


Penugasan

8 X 40’

1   Buku SKI Depag
2   SKI Toha Putra
3   SKI Tiga Serangkai
4   Sejarah Hidup Muhammad SAW
5.Ensiklopedi Islam


4.2.Mengambil hikmah dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang


·        Menjelaskan hikmah yang dapat diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin

·        Mengkaitkan prestasi Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang


Hikmah dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang

·        Tanya jawab tentang  hikmah yang dapat diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin

·        Berdiskusi tentang keterkaitan prestasi Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang

Tes lisan





Penugasan

2 X 40’

1.Buku SKI Depag
2.SKI Toha Putra
3.SKI Tiga Serangkai
4.Sejarah Hidup Muhammad SAW
5.Ensiklopedi Islam






Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

4.3.Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin

Kisah  kepemimpinan Khulafaurrasyidin

·        Menyaksikan VCD Khalifah Umar bin Khattab

·        Membuat peta konsep gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin

·        Berdiskusi tentang gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin


·        Menjelaskan gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin

·        Mengidentifikasi gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin

·        Mengklasifikasi gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin


Tes lisan


Penugasan


Penugasan

4 X 40’

1.Buku SKI Depag
2.SKI Toha Putra
3.SKI Tiga Serangkai
4.Sejarah Hidup Muhammad SAW
5.Ensiklopedi Islam

 

Standar Kompetensi     : 5. Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umaiyah


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penugasan
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

5.1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah


Sejarah berdirinya daulah Amawiyah

·      Membuat pertanyaan seputar 5 W (who, when, where, what, why dan 1H (how) tentang sejarah  berdirinya daulah Amawiyah


·      Menjelaskan proses berdirinya daulah Amawiyah


Penugasan

6 X 40’







6 X 40’


1   Buku SKI Depag
2   SKI Toha Putra
3   SKI Tiga Serangkai
4  Sejarah Hidup Muhammad SAW
5.Ensiklopedi Islam

5.2.Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah   

  
Perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umaiyah

·      Membuat peta konsep tentang  prestasi pada masa Bani Umaiyah

·      Berdiskusi tentang berbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah

·      Menjelaskan berbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah

·      Mengidentifikasi berbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah

Penugasan



Penugasan


 


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pelilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

5.3.Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah





Ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah


·        Studi tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Umaiyah

·        Tanya jawab peran tokoh ilmuwan muslim
·        dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah


·        Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Umaiyah

·        Menjelaskan peran tokoh ilmuwan muslim
·        dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah


Penugasan


Tes tulis

4 X 40’

1.Buku SKI Depag
2.SKI Toha Putra
3.SKI Tiga Serangkai
4.Sejarah Hidup Muhammad SAW
5.Ensiklopedi Islam

5.4. Mengambil ibrah dari perkemba-ngan kebudaya-an/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang





Ibrah yang dapat diambil dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang


·        Learning start with question tentang ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

·        Berdiskusi tentang keterkaitan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah dengan perkembangan masa kini dan yang akan datang

·        Menjelaskan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

·        Menunjukkan keterkaitan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah dengan perkembangan masa kini dan yang akan datang


Tes lisan




Penugasan

2 X 40’

1.Buku SKI Depag
2.SKI Toha Putra
3.SKI Tiga Serangkai
4.Sejarah Hidup Muhammad SAW
5.Ensiklopedi Islam


 


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

5.5.Meneladani kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz




Kisah kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz


·        1-2)Membuat skenario drama tentang kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz

·        Mendemontrsikan kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz



·        Menjelaskan kesederhanaan Umar bin Abdul Aziz ketika menjadi seorang khalifah

·        Menjelaskan keshalehan Umar bin Abdul Aziz dalam beribadah
·        Mengklasifikasi bentuk kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz



Tes unjuk kerja


Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja


4 X 40’

1.      Buku SKI Depag
2.      SKI Toha Putra
3.      SKI Tiga Serangkai
4.      Sejarah Hidup Muhammad SAW
5.   Ensiklopedi Islam


Jungpasir, ................................
Mengetahui                                                                                                                                                                                            Guru  Mata Pelajaran
Kepala MTs Bandar Alim Jungpasir




Muhammad Habib Munawar, S.Pd.                                                                                                                                                                                             __________________
NIP. ---                                                                                                                                                                                           NIP.



0 komentar: