Senin, 20 Juni 2011

FORMAT PENILAIAN KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


FORMAT PENILAIAN KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TUGAS
Disusun  Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Supervisi pendidikan
Dosen Pengampu : Bpk. Fahrurrozi







Disusun oleh :
Khoirotur Roudhoh (083111017)
Muhammad Habib Munawar (083111041)


FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2011






FORMAT PENILAIAN KINERJA GURU
DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Guru                     : Nafisah Sinta SPd.I
Mata Pelajaran             :Fiqih
Pokok Materi                 : Mendemonstrasikan tata cara sholat Ied
Kelas / Semester          :IV/II MIN Jungpasir

No
Penampilan Guru
Skor
Ket .
1
2
3
4
5
1
Kemampuan membuka pelajaran
a.       Menarik perhatian siswa






b.      Memberikan Motivasi awal






c.       Memberikan apersepsi






d.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diberikan






e.      Memberikan acuan bahan belajar yang akan diberikan






2
Sikap guru dalam proses pembelajaran
a.       Kejalasan artikkulasi suara






b.      Variasi gerakan badan tidak menggganggu perhatian siswa






c.       Antuisme dalam penampilan mobilitas posisi mengajar






3
Penguasaan belajar mengajar
a.       Kesesuaian metode dengan bahan belajar yang disampaikan






b.      Penyajian bahan pelajaran sesuai dengan tujuan atau indikator yang telah ditetapkan






c.       Memiliki keterampilan dalam menanggapi dan merespon pertanyaan siswa






d.      Ketapatan dalam penggunaan alokasi waktu






4
Penguasaan bahan belajar
a.       Bahan belajar disesuaikan dengan langkah-langkah yang direncanakan dalam RPP






b.      Kejelasan dalam menjelaskan materi






c.       Kejelasan dalam memberikan contoh






d.      Memiliki wawasan yang luas dalam menyampaikan bahan belajar






5
Kemampuan menggunakan media pembelajaran
a.       Memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media






b.      Ketapatan penggunaan media dengan materi yang disampaikan






c.       Memiliki ketrampilan dalam penggunaan media pembelajaran






d.      Membantu meningkatkan perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran






6
Evaluasi Pembelajaran
a.       Penilaian relevan dengan tujuan yang ditetapkan






b.      Menggunakan bentuk dan jenis ragam penilaian






c.       Penilaian yang diberikan sesuai dengan RPP






7


Kemampuan menutup kegiatan pembelajaran
a.       Meninjau kembali materi






b.      Memberi kesempatan untuk bertannya dan bertanya dan menjawab pertanyaan






c.       Memberi kesimpulan kegiatan pembelajaran






8
Tindak lanjut
a.       Memberikan tugas kepada siswa baik individu atau kelompok






b.      Menginformasikan materi yang akan dipelajari berikutnya






c.       Memberikan motivasi untuk selalu terus belajar







Keterangan nilai :
1.       Kurang sekali
2.       Kurang sesuai
3.       Cukup sesuai
4.       Sesuai
5.       Sangat sesuai

0 komentar: